RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : SMA NEGERI 1
KEDUNGGALAR
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA
KELAS / SEMESTER : X
MATERI POKOK : Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi
ALOKASI WAKTU : 9 X 40 Menit (3 pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa
mampu :
1.
Mendeskripsikan
karya seni rupa dua dimensi,
2.
Mengindentifikasi
teknik berkarya seni rupa dua dimensi,
3.
Mengeksplorasi
ragam karya seni rupa dua dimensi pada berbagai jenis media, dan
4.
Mengomunikasikan
hasil karya seni rupa dua dimensi secara lisan maupun tulisan.
- MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Seni Rupa Dua Dimensi
2.
Unsur dan Prinsip dalam
Berkarya Seni Rupa
3.
Teknik dan Media
Berkarya Seni Rupa
- LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Sikap
: menerima, menjalankan, menghargai,
menghayati, dan mengamalkan
Pengetahuan
: mengingat, memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi
Keterampilan :
mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta.
Pertemuan 1 (3 X 40 menit)
Tahap
|
Aktivitas Belajar
|
Waktu
(menit)
|
Pendahuluan
a.
Orientasi
|
1) Guru
mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa.
2) Guru
dan siswa mengenalkan diri.
3) Guru
menjelaskan secara umum materi Seni Budaya kelas X semester 1.
4) Guru
menjelaskan beberapa aktivitas belajar Seni Budaya.
5) Guru
menggali komitmen siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.
|
15
|
b.
Apersepsi
|
1)
Guru memberikan informasi
kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
2)
Siswa
menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)
Siswa menyepakati kegiatan yang akan
dilakukan.
4)
Siswa dibagi dalam
beberapa kelompok untuk mendiskusikan “Seni Rupa Dua Dimensi”.
|
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
1.
Siswa membaca buku mengenai “Seni Rupa Dua Dimensi”.
2.
Siswa mencatat hasil eksplorasi mengenai “Seni Rupa Dua Dimensi”.
Menanya
3. Siswa
bertanya jawab tentang “Seni Rupa Dua Dimensi”.
4.
Siswa membaca teks
laporan hasil observasi yang lain (mengamati).
Mencoba dan
mengasosiasi
5.
Secara berdiskusi siswa
mencoba untuk mengeksplorasi informasi
melalui sumber-sumber lain
yang relevan.
Mengomunikasikan
6.
Siswa secara
berkelompok mempresentasikan hasil laporan yang dibuatnya.
7.
Secara bergantian
setiap kelompok membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas.
8.
Kelompok lain
menanggapi kelompok yang maju ke depan kelas dengan proaktif.
|
90
|
Penutup
|
1)
Siswa
menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2)
Siswa
melakukan evaluasi pembelajaran.
3)
Siswa
saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
4)
Guru
memberikan siswa PR untuk dibahas pada pertemuan selanjutnya.
|
15
|
Pertemuan 2 (3 X 40 menit)
Tahap
|
Aktivitas Belajar
|
Waktu
(menit)
|
Pendahuluan
a.
Orientasi
|
1)
Guru mengucapkan
salam dan mengecek kehadiran siswa.
2)
Guru dan siswa
mengenalkan diri.
3)
Guru menjelaskan
secara umum materi Seni Budaya
kelas X semester 1.
4)
Guru menjelaskan
beberapa aktivitas belajar Seni Budaya.
5)
Guru menggali
komitmen siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.
|
15
|
b.
Apersepsi
|
1)
Guru meminta siswa merefleksi hasil
pertemuan sebelumnya.
2)
Guru menagih dan membahas PR yang ditugaskan
pada pertemuan sebelumnya.
3)
Guru memberikan informasi
kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4)
Siswa
menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5)
Siswa menyepakati kegiatan yang akan
dilakukan.
|
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
1. Guru
mengarahkan siswa untuk mencari informasi mengenai “Unsur dan Prinsip dalam Berkarya Seni
Rupa”.
2.
Siswa mencoba untuk mengeksplorasi melalui sumber-sumber yang relevan.
3. Guru
meminta siswa untuk membuat catatan/laporan pengamatan yang ditemukan.
4.
Siswa mengamati literatur dan mencatat hasil eksplorasi mengenai materi yang sedang di pelajari.
Menanya
Mencoba dan
mengasosiasi
Mengomunikasikan
|
90
|
Penutup
|
1)
Siswa
menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2)
Siswa
melakukan evaluasi pembelajaran.
3)
Siswa
saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
|
15
|
Pertemuan 3 (3 X 40 menit)
Tahap
|
Aktivitas Belajar
|
Waktu
(menit)
|
Pendahuluan
1)
Orientasi
|
1)
Guru mengucapkan
salam dan mengecek kehadiran siswa.
2)
Guru dan siswa
mengenalkan diri.
3)
Guru menjelaskan secara
umum materi Seni Budaya
kelas X semester 1.
4)
Guru menjelaskan
beberapa aktivitas belajar Seni Budaya.
5)
Guru menggali
komitmen siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.
|
15
|
2)
Apersepsi
|
1) Guru menggali pengetahuan siswa dengan
mengajukan pertanyaan tentang pertemuan sebelumnya.
2)
Guru memberikan informasi
kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
3)
Siswa
menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4)
Siswa menyepakati kegiatan yang akan
dilakukan.
5)
Siswa dibagi dalam
beberapa kelompok untuk mendiskusikan “Teknik dan Media Berkarya Seni Rupa”.
|
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
1. Siswa membaca buku
mengenai “Teknik dan Media Berkarya Seni Rupa”.
2. Siswa mencatat hasil
eksplorasi mengenai materi yang sedang dipelajari.
Menanya
3. Siswa bertanya jawab tentang materi yang sedang dipelajari.
4. Siswa
membaca teks laporan hasil observasi yang lain (mengamati).
Mencoba dan
mengasosiasi
5.
Guru mencoba
memfasilitasi siswa melakukan diskusi sehubungan dengan keseluruhan materi
BAB 1 yaitu Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi.
Mengomunikasikan
|
90
|
Penutup
|
1)
Siswa
menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2)
Siswa
melakukan evaluasi pembelajaran.
3)
Siswa
saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
|
15
|
Ngawi,
2020
Mengetahui,
Kepala SMAN 1 Kedunggalar Guru Seni Budaya
------------------------------------- ----------------------------------------
0 komentar:
Posting Komentar