Rabu, 29 April 2020

RPP Seni Budaya SMA Kelas X

RPP Seni Budaya SMA Kelas X Tahun 2020 Terbaru.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                            : SMA NEGERI 1 KEDUNGGALAR
MATA PELAJARAN          : SENI BUDAYA
KELAS / SEMESTER         : X
MATERI POKOK               : Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi
ALOKASI WAKTU                        :  9 X 40 Menit (3 pertemuan)

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1.      Mendeskripsikan karya seni rupa dua dimensi,
2.      Mengindentifikasi teknik berkarya seni rupa dua dimensi,
3.      Mengeksplorasi ragam karya seni rupa dua dimensi pada berbagai jenis media, dan
4.      Mengomunikasikan hasil karya seni rupa dua dimensi secara lisan maupun tulisan.

  1. MATERI PEMBELAJARAN
1.    Seni Rupa Dua Dimensi
2.    Unsur dan Prinsip dalam Berkarya Seni Rupa
3.    Teknik dan Media Berkarya Seni Rupa

  1. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Sikap : menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan
Pengetahuan : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
Keterampilan : mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta.

Pertemuan 1 (3 X 40 menit)
Tahap
Aktivitas Belajar
Waktu
(menit)
Pendahuluan
a.    Orientasi
1)   Guru mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa.
2)   Guru dan siswa mengenalkan diri.
3)   Guru menjelaskan secara umum materi Seni Budaya kelas X semester 1.
4)   Guru menjelaskan beberapa aktivitas belajar Seni Budaya.
5)   Guru menggali komitmen siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.
15
b.   Apersepsi
1)   Guru memberikan informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
2)   Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)   Siswa menyepakati kegiatan yang akan dilakukan.
4)   Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan “Seni Rupa Dua Dimensi”.
Kegiatan Inti























Mengamati
1.      Siswa membaca buku mengenai “Seni Rupa Dua Dimensi”.
2.      Siswa mencatat hasil eksplorasi mengenai “Seni Rupa Dua Dimensi”.

Menanya
3.      Siswa bertanya jawab tentang “Seni Rupa Dua Dimensi”.
4.      Siswa membaca teks laporan hasil observasi yang lain (mengamati).

Mencoba dan mengasosiasi
5.      Secara berdiskusi siswa mencoba untuk mengeksplorasi informasi melalui sumber-sumber lain yang relevan.

Mengomunikasikan
6.      Siswa secara berkelompok mempresentasikan hasil laporan yang dibuatnya.
7.      Secara bergantian setiap kelompok membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas.
8.      Kelompok lain menanggapi kelompok yang maju ke depan kelas dengan proaktif.
90
Penutup
1)   Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2)   Siswa melakukan evaluasi pembelajaran.
3)   Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
4)   Guru memberikan siswa PR untuk dibahas pada pertemuan selanjutnya.
15


Pertemuan 2 (3 X 40 menit)
Tahap
Aktivitas Belajar
Waktu
(menit)
Pendahuluan
a.   Orientasi
1)     Guru mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa.
2)     Guru dan siswa mengenalkan diri.
3)     Guru menjelaskan secara umum materi Seni Budaya kelas X semester 1.
4)     Guru menjelaskan beberapa aktivitas belajar Seni Budaya.
5)     Guru menggali komitmen siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.
15
b.   Apersepsi
1)     Guru meminta siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya.
2)     Guru menagih dan membahas PR yang ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.
3)     Guru memberikan informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4)     Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5)     Siswa menyepakati kegiatan yang akan dilakukan.
Kegiatan Inti

























Mengamati
1.      Guru mengarahkan siswa untuk mencari informasi mengenai “Unsur dan Prinsip dalam Berkarya Seni Rupa”.
2.      Siswa mencoba untuk mengeksplorasi melalui sumber-sumber yang relevan.
3.      Guru meminta siswa untuk membuat catatan/laporan pengamatan yang ditemukan.
4.      Siswa mengamati literatur dan mencatat hasil eksplorasi mengenai materi yang sedang di pelajari.

Menanya
  1. Guru memfasilitasi siswa melakukan tanya-jawab (berdiskusi) sehubungan dengan materi yang sedang dipelajari.
  2. Siswa bertanya jawab tentang materi yang sedang dipelajari.
Mencoba dan mengasosiasi
  1. Secara berdiskusi siswa mencoba untuk mengeksplorasi informasi melalui sumber-sumber lain yang relevan.

Mengomunikasikan
  1. Siswa mulai mempresentasikan hasil laporan yang dibuatnya.
  2. Guru memberikan umpan balik berdasarkan hasil pemaparan siswa.
90
Penutup
1)      Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2)      Siswa melakukan evaluasi pembelajaran.
3)      Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
15


Pertemuan 3 (3 X 40 menit)
Tahap
Aktivitas Belajar
Waktu
(menit)
Pendahuluan
1)   Orientasi
1)     Guru mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa.
2)     Guru dan siswa mengenalkan diri.
3)     Guru menjelaskan secara umum materi Seni Budaya kelas X semester 1.
4)     Guru menjelaskan beberapa aktivitas belajar Seni Budaya.
5)     Guru menggali komitmen siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.
15
2)   Apersepsi
1)     Guru menggali pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang pertemuan sebelumnya.
2)     Guru memberikan informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)     Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4)     Siswa menyepakati kegiatan yang akan dilakukan.
5)     Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan “Teknik dan Media Berkarya Seni Rupa”.
Kegiatan Inti




















Mengamati
1.      Siswa membaca buku mengenai “Teknik dan Media Berkarya Seni Rupa”.
2.      Siswa mencatat hasil eksplorasi mengenai materi yang sedang dipelajari.

Menanya
3.      Siswa bertanya jawab tentang materi yang sedang dipelajari.
4.      Siswa membaca teks laporan hasil observasi yang lain (mengamati).

Mencoba dan mengasosiasi
5.      Guru mencoba memfasilitasi siswa melakukan diskusi sehubungan dengan keseluruhan materi BAB 1 yaitu Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi.

Mengomunikasikan
  1. Siswa secara bergantian mengomunikasikan pengetahuannya tentang keseluruhan materi BAB 1 yaitu Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi.
90
Penutup
1)     Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2)     Siswa melakukan evaluasi pembelajaran.
3)     Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
15



            Ngawi,                   2020
      Mengetahui,                                                     
          Kepala SMAN 1 Kedunggalar                                      Guru Seni Budaya
         

          -------------------------------------                                        ----------------------------------------
                                                                                              

0 komentar:

Posting Komentar