Rabu, 29 April 2020

RPP Seni Budaya SMA Kelas XII.

RPP Seni Budaya SMA Kelas XII Tahun 2020 Terbaru




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(RPP – 1)

                               Sekolah                        : SMA Negeri 1 Kedunggalar
                               Matapelajaran              : Seni Budaya (Seni Rupa)
                               Kelas                          : XII IPA / IPS
                               Semester                      : Ganjil
                               Materi Pokok               : Berkreasi Karya Seni Rupa 2 Dimensi
                               Alokasi Waktu            : 18  x  45 menit


A.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik dapat:
1.      Melihat bahan dan media yang digunakan dalam proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi melalui media cetak (buku, majalah, brosur, dsb)
2.      Mengamati tentang teknik yang digunakan dalam proses pembuatan karya seni rupa 2D
3.      Menyimpulkan perkembangan penggunaan bahan dan media yang digunakan digunakan dalam proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi
4.      Menyimpulkan perkembangan teknik yang digunakan dalam proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi
5.      Mengumpulkan informasi tentang bahan, media dan teknik yang digunakan dalam pembuatan karya seni rupa dua dimensi
6.      Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain, mengenai : bahan, media, jenis, simbol, tehnik dan nilai estetika yang terkandung di dalamnya
7.       Menghubungkan data-data yang diperoleh dengan kegiatan  berkarya
8.      Berkreasi dengan beragam media, bahan, simbol, jenis dan fungsi estetik melalui  diskusi  kelompok
9.      Berkreasi dengan beragam teknik dalam berkarya dua dimensi melalui diskusi kelompok
10.  Membuat  karya seni rupa dua dimensi hasil kreasi sendiri, berupa: Sketsa beragam garis, Komposisi Ragam Garis, Ornamen Hias dan Kolase Kertas
11.  Menyampaikan hasil pengumpulan dan  simpulan informasi yang diperoleh
12.  Mempertanggung jawabkan secara lisan atau tulisan mengenai karya seni rupa dua dimensi yang dibuat
13.  Menerima masukan-masukan dan kritikan dari hasil karya kreasi sendiri yang telah dihasilkan
14.  Melakukan seleksi  atas pujian dan dukungan, kelebihan dan kekurangan serta solusi yang di dapat  sehingga hasil karya yang dihasilkan dari kreasi sendiri berikutnya menjadi lebih baik
15.  Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain
16.  Melakukan perbaikan pada karya kreasi sendiri yang kurang diantaranya  tentang pewarnaan, teknik dan penyelesaian



B.       MATERI PEMBELAJARAN
          Fakta:
Karya seni rupa 2 dimensi hasil kreasi sendiri berupa Ragam Garis, Komposisi Ragam Garis, Ornamen Hias (ornamen nama),  dan Kolase Kertas.

            Konsep:
a.    Karya seni 2 dimensi merupakan hasil karya seni yang dapat dilihat dari satu arah
b.    Perkembangan karya seni rupa 2 dimensi berdasarkan Ragam dan Fungsi, Medium (Alat, Bahan dan Teknik), Simbol dan Nilai Estetisnya
c.    Apresiasi seni rupa adalah aktifitas mengindra karya seni rupa, merasakan, menikmati, menghayati dan menghargai nilai-nilai keindahan dalam karya seni serta menghormati keberagaman konsep dan variasi konvensi artistik eksistensi dunia seni rupa 
d.   Sikap apresiatif terbentuk atas kesadaran akan konstribusi para seniman bagi bangsa dan negara atau bagi nilai-nilai kemanusiaan pada umumnya. Pengenalan akan tokoh-tokoh budaya, perupa murni, pendesain, dan reputasinya adalah upaya nyata mengembangkan perasaan simpati yang jika dilakukan berulang-ulang akan meningkat menjadi perasaan Empati, juga akhirnya mampu membandingkan karya sendiri dengan karya para perupa dan pendesain.

                 Prinsip:
Menentukan langkah-langkah berkreasi karya seni rupa 2 dimensi dari hasil kreasi sendiri berupa Ragam Garis, Komposisi Ragam Garis, Ornamen Hias (ornamen nama),  dan Kolase Kertas. Menentukan langkah-langkah proses berkarya seni rupa 2 dimensi dari hasil kreasi sendiri.
            
Prosedur:
a.    Membuat sketsa dan Beragam Garis dengan menggunakan alat-alat mistar berupa garis lurus, garis lengkung, garis patah, lengkung berganda dan patah berganda juga campuran variasi ragam-ragam garis yang lain. Ragam Garis dibuat dengan tujuan agar peserta didik lebih mengenal garis-garis dengan menggunakan alat-alat mistar serta ragam-ragam garis dapat digunakan untuk dasar membuat desain-desain beragam ornamen-ornamen hias.
b.    Membuat Ornamen Hias, dengan obyek garis, obyek benda alamiah dengan langkah-langkah: mengamati macam-macam garis, berbagai benda yang ada di alam, misalnya dalam bentuk setangkai daun dan bunga, komposisi benda-benda juga bisa dipakai bahan membuat Ornamen Hias. Ornamen Hias selain untuk dipajang sebagai hiasan langsung, motif-motif pada Ornamen Hias juga bisa untuk hiasan pada Tegel atau Keramik, angin-angin di atas pintu atau hiasan lainnya. Ornamen nama, dengan membuat minimal 7 huruf dari nama depan atau ditata sedemikian rupa sehingga masing-masing huruf saling berkaitan. Masing-masing huruf diberi beragam garis dan hiasan serta diberi warna transparan. Di sekitar nama bagian atas dan bawah diberi tambahan beragam garis.
c.     Membuat Kolase Kertas artinya berbagai kertas di potong-potong dan dibentuk dengan cara di tempelkan pada media yang dibutuhkan misal karton, kertas dan juga bisa menggunakan triplek. Kolase bisa membentuk sesuatu yang punya arti tersendiri sesuai tema yang dibuat. Kolase digunakan untuk benda hias yang dipajang sebagai hiasan untuk ruang tamu atau ruang keluarga dan tema harus disesuaikan dimana Kolase dipajang. Kolase dibentuk karena berasal dari potongan-potongan kertas dan  kertas bisa untuk memberi hiasan pada benda tertentu misal: untuk kartu ucapan, kartu undangan, dll.

C.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
           Pertemuan ke 1 dan ke 2:

1.      PENDAHULUAN
a.         Guru mengucapkan salam
b.        Berdoa sebelum mulai pelajaran dipimpin oleh ketua kelas
c.         Guru melakukan apersepsi dan motivasi sesuai dengan KD
d.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik (sesuai tujuan pembelajaran di atas)

2.      KEGIATAN INTI

TAHAPAN EKSPLORASI (EXPLORING)
Bahan, media, jenis, simbol, fungsi, nilai estetis dan teknik dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi.
    Mengamati
-          Melihat bahan dan media yang digunakan dalam proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi melalui media cetak (buku, majalah, brosur, dsb) yaitu bahan dan media serta alat peralatan untuk membuat  ragam garis (lurus horizontal, lurus vertikal, lurus miring, lengkung, patah, dan variasi bebas)
-          Mengamati tentang teknik yang digunakan dalam proses pembuatan pembuatan ragam garis dengan alat-alat mistar
                 Menyimpulkan:
-          Menyimpulkan perkembangan penggunaan bahan dan media yang digunakan dalam proses pembuatan ragam garis
-          Menyimpulkan perkembangan teknik yang digunakan dalam proses pembuatan ragam garis dengan menggunakan alat-alat mistar.
                 Mencari Data dan Berdiskusi
-          Mengumpulkan informasi tentang bahan, media dan teknik yang digunakan dalam pembuatan ragam garis
-          Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain, mengenai : bahan, media, jenis, simbol, tehnik dan nilai estetika yang terkandung di dalamnya
-          Menghubungkan data-data yang diperoleh dengan kegiatan  berkarya

TAHAPAN MERENCANAKAN (PLANNING)
-          Berkreasi dengan beragam media, bahan, simbol, jenis dan fungsi estetik melalui  diskusi  kelompok
-          Berkreasi dengan beragam teknik dalam berkarya dua dimensi berupa Ragam Garis melalui diskusi kelompok

TAHAPAN MENGERJAKAN (DOING)
-          Membuat  karya seni rupa dua dimensi hasil kreasi sendiri, berupa:  Sketsa beragam garis yaitu garis  lurus horizontal, lurus vertikal, lurus miring, lengkung, patah, dan variasi bebas
 
TAHAPAN MENGKOMUNIKASIKAN (COMMUNICATING)
-          Menyampaikan hasil pengumpulan dan  simpulan informasi yang diperoleh
-          Mempertanggung jawabkan secara lisan atau tulisan mengenai karya seni rupa dua dimensi yang dibuat yaitu berupa:  Sketsa beragam garis

TAHAPAN MEREFLEKSI (REFLECTING)
-          Menerima masukan-masukan dan kritikan dari hasil karya kreasi sendiri yang telah dihasilkan
-          Melakukan seleksi  atas pujian dan dukungan, kelebihan dan kekurangan serta solusi yang di dapat  sehingga hasil karya yang dihasilkan dari kreasi sendiri berikutnya menjadi lebih baik
-          Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain
-          Melakukan perbaikan pada karya kreasi sendiri yang kurang diantaranya  tentang pewarnaan, teknik dan penyelesaian

3.      PENUTUP
Merangkum
a.      Bersama peserta didik, guru menyimpulkan hasil proses belajar mengajar berupa hasil karya berdasarkan bahan, media, alat, teknik, jenis, simbol, dan nilai estetis karya seni rupa, yaitu karya:  Sketsa beragam garis
b.   Guru bersama peserta didik bertanya jawab tentang pengalaman yang didapat pada  pembelajaran yang telah dilakukan.
c.       Guru memberi penilaian atas hasil karya yang telah dibuat peserta didik secara mandiri, berupa: Sketsa beragam garis
d.   Guru memberikan informasi untuk kegiatan pertemuan berikutnya.

         Pertemuan ke 3 dan ke 4:

1.    PENDAHULUAN
a.       Guru mengucapkan salam
b.      Berdoa sebelum mulai pelajaran dipimpin oleh ketua kelas
c.       Guru melakukan apersepsi dan motivasi sesuai dengan KD
d.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik (sesuai tujuan pembelajaran di atas)

2.    KEGIATAN INTI

TAHAPAN EKSPLORASI (EXPLORING)
Bahan, media, jenis, simbol, fungsi, nilai estetis dan teknik dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi.
     Mengamati
-          Melihat bahan dan media yang digunakan dalam proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi melalui media cetak (buku, majalah, brosur, dsb) yaitu bahan dan media serta alat peralatan untuk membuat  Komposisi Ragam Garis
-          Mengamati tentang teknik yang digunakan dalam proses pembuatan pembuatan komposisi ragam garis dengan alat-alat mistar

                 Menyimpulkan:
-          Menyimpulkan perkembangan penggunaan bahan dan media yang digunakan dalam proses pembuatan komposisi ragam garis
-          Menyimpulkan perkembangan teknik yang digunakan dalam proses pembuatankomposisi  ragam garis dengan menggunakan alat-alat mistar.
                 Mencari Data dan Berdiskusi
-          Mengumpulkan informasi tentang bahan, media dan teknik yang digunakan dalam pembuatan komposisi ragam garis
-          Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain, mengenai : bahan, media, jenis, simbol, tehnik dan nilai estetika yang terkandung di dalamnya
-          Menghubungkan data-data yang diperoleh dengan kegiatan  berkarya

TAHAPAN MERENCANAKAN (PLANNING)
-          Berkreasi dengan beragam media, bahan, simbol, jenis dan fungsi estetik melalui  diskusi  kelompok
-          Berkreasi dengan beragam teknik dalam berkarya dua dimensi berupa Komposisi Ragam Garis melalui diskusi kelompok

TAHAPAN MENGERJAKAN (DOING)
-          Membuat  karya seni rupa dua dimensi hasil kreasi sendiri, berupa:  Komposisi ragam garis yaitu dalam bidang ukuran 20 x 30 cm dibagi minimal 8 bidang tidak beraturan. Masing-masing bidang diberi 2 atau 3 garis yang dikomposisi.
 
TAHAPAN MENGKOMUNIKASIKAN (COMMUNICATING)
-          Menyampaikan hasil pengumpulan dan  simpulan informasi yang diperoleh
-          Mempertanggung jawabkan secara lisan atau tulisan mengenai karya seni rupa dua dimensi yang dibuat yaitu berupa:  Komposisi ragam garis

TAHAPAN MEREFLEKSI (REFLECTING)
-          Menerima masukan-masukan dan kritikan dari hasil karya kreasi sendiri yang telah dihasilkan
-          Melakukan seleksi  atas pujian dan dukungan, kelebihan dan kekurangan serta solusi yang di dapat  sehingga hasil karya yang dihasilkan dari kreasi sendiri berikutnya menjadi lebih baik
-          Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain
-          Melakukan perbaikan pada karya kreasi sendiri yang kurang diantaranya  tentang pewarnaan, teknik dan penyelesaian
3.    PENUTUP
Merangkum
a.       Bersama peserta didik, guru menyimpulkan hasil proses belajar mengajar berupa hasil karya berdasarkan bahan, media, alat, teknik, jenis, simbol, dan nilai estetis karya seni rupa, yaitu karya:  Komposisi ragam garis
b.   Guru bersama peserta didik bertanya jawab tentang pengalaman yang didapat pada  pembelajaran yang telah dilakukan.
c.       Guru memberi penilaian atas hasil karya yang telah dibuat peserta didik secara mandiri, berupa: Komposisi ragam garis
d.   Guru memberikan informasi untuk kegiatan pertemuan berikutnya.


          Pertemuan ke 5 dan ke 6:

1.         PENDAHULUAN
a.     Guru mengucapkan salam
b.    Berdoa sebelum mulai pelajaran dipimpin oleh ketua kelas
c.     Guru melakukan apersepsi dan motivasi sesuai dengan KD
d.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik (sesuai tujuan pembelajaran di atas)

2.         KEGIATAN INTI

TAHAPAN EKSPLORASI (EXPLORING)
Bahan, media, jenis, simbol, fungsi, nilai estetis dan teknik dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi.
      Mengamati
-          Melihat bahan dan media yang digunakan dalam proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi melalui media cetak (buku, majalah, brosur, dsb) yaitu bahan dan media serta alat peralatan untuk membuat  Ornamen nama
-          Mengamati tentang teknik yang digunakan dalam proses pembuatan pembuatan Ornamen nama dengan alat-alat mistar
                 Menyimpulkan:
-          Menyimpulkan perkembangan penggunaan bahan dan media yang digunakan dalam proses pembuatan Ornamen nama
-          Menyimpulkan perkembangan teknik yang digunakan dalam proses pembuatan Ornamen nama dengan menggunakan alat-alat mistar.
            
                  Mencari Data dan Berdiskusi
-          Mengumpulkan informasi tentang bahan, media dan teknik yang digunakan dalam pembuatan Ornamen nama
-          Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain, mengenai : bahan, media, jenis, simbol, tehnik dan nilai estetika yang terkandung di dalamnya
-          Menghubungkan data-data yang diperoleh dengan kegiatan  berkarya

TAHAPAN MERENCANAKAN (PLANNING)
-          Berkreasi dengan beragam media, bahan, simbol, jenis dan fungsi estetik melalui  diskusi  kelompok
-          Berkreasi dengan beragam teknik dalam berkarya dua dimensi berupa Ornamen nama melalui diskusi kelompok

TAHAPAN MENGERJAKAN (DOING)
-          Membuat  karya seni rupa dua dimensi hasil kreasi sendiri, berupa:  Ornamen nama, dengan nama masing-masing peserta didik yaitu 7 nama depan (bisa di variasi per huruf dalam 1 kata)
 
TAHAPAN MENGKOMUNIKASIKAN (COMMUNICATING)
-          Menyampaikan hasil pengumpulan dan  simpulan informasi yang diperoleh
-          Mempertanggung jawabkan secara lisan atau tulisan mengenai karya seni rupa dua dimensi yang dibuat yaitu berupa:  Ornamen nama

 TAHAPAN MEREFLEKSI (REFLECTING)
-          Menerima masukan-masukan dan kritikan dari hasil karya kreasi sendiri yang telah dihasilkan
-          Melakukan seleksi  atas pujian dan dukungan, kelebihan dan kekurangan serta solusi yang di dapat  sehingga hasil karya yang dihasilkan dari kreasi sendiri berikutnya menjadi lebih baik
-          Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain
-          Melakukan perbaikan pada karya kreasi sendiri yang kurang diantaranya  tentang pewarnaan, teknik dan penyelesaian

3.    PENUTUP
Merangkum
a.       Bersama peserta didik, guru menyimpulkan hasil proses belajar mengajar berupa hasil karya berdasarkan bahan, media, alat, teknik, jenis, simbol, dan nilai estetis karya seni rupa, yaitu karya:  Ornamen nama
b.   Guru bersama peserta didik bertanya jawab tentang pengalaman yang didapat pada  pembelajaran yang telah dilakukan.
c.       Guru memberi penilaian atas hasil karya yang telah dibuat peserta didik secara mandiri, berupa: Ornamen nama
d.   Guru memberikan informasi untuk kegiatan pertemuan berikutnya.


            Pertemuan ke 7, ke 8 dan ke 9:

1.    PENDAHULUAN
a.         Guru mengucapkan salam
b.        Berdoa sebelum mulai pelajaran dipimpin oleh ketua kelas
c.         Guru melakukan apersepsi dan motivasi sesuai dengan KD
d.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik (sesuai tujuan pembelajaran di atas)

2.    KEGIATAN INTI

TAHAPAN EKSPLORASI (EXPLORING)
Bahan, media, jenis, simbol, fungsi, nilai estetis dan teknik dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi.
      Mengamati
-          Melihat bahan dan media yang digunakan dalam proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi melalui media cetak (buku, majalah, brosur, dsb) yaitu bahan dan media serta alat peralatan untuk membuat  Kolase Kertas
-          Mengamati tentang teknik yang digunakan dalam proses pembuatan pembuatan Kolase Kertas dari potongan-potongan kertas
                 Menyimpulkan:
-          Menyimpulkan perkembangan penggunaan bahan dan media yang digunakan dalam proses pembuatan Kolase Kertas
-          Menyimpulkan perkembangan teknik yang digunakan dalam proses pembuatan Kolase Kertas dari potongan-potongan kertas
            
                  Mencari Data dan Berdiskusi
-          Mengumpulkan informasi tentang bahan, media dan teknik yang digunakan dalam pembuatan Kolase Kertas dari potongan-potongan kertas
-          Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain, mengenai : bahan, media, jenis, simbol, tehnik dan nilai estetika yang terkandung di dalamnya
-          Menghubungkan data-data yang diperoleh dengan kegiatan  berkarya

TAHAPAN MERENCANAKAN (PLANNING)
-          Berkreasi dengan beragam media, bahan, simbol, jenis dan fungsi estetik melalui  diskusi  kelompok
-          Berkreasi dengan beragam teknik dalam berkarya dua dimensi berupa  Kolase Kertas melalui diskusi kelompok

TAHAPAN MENGERJAKAN (DOING)
-          Membuat  karya seni rupa dua dimensi hasil kreasi sendiri, berupa:  Kolase Kertas dari potongan-potongan kertas
 
TAHAPAN MENGKOMUNIKASIKAN (COMMUNICATING)
-          Menyampaikan hasil pengumpulan dan  simpulan informasi yang diperoleh
-          Mempertanggung jawabkan secara lisan atau tulisan mengenai karya seni rupa dua dimensi yang dibuat yaitu berupa:  Kolase Kertas dari potongan-potongan kertas

TAHAPAN MEREFLEKSI (REFLECTING)
-          Menerima masukan-masukan dan kritikan dari hasil karya kreasi sendiri yang telah dihasilkan
-          Melakukan seleksi  atas pujian dan dukungan, kelebihan dan kekurangan serta solusi yang di dapat  sehingga hasil karya yang dihasilkan dari kreasi sendiri berikutnya menjadi lebih baik
-          Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain
-          Melakukan perbaikan pada karya kreasi sendiri yang kurang diantaranya  tentang komposisi warna dari kertas, teknik dan penyelesaian

3.    PENUTUP
Merangkum
a.       Bersama peserta didik, guru menyimpulkan hasil proses belajar mengajar berupa hasil karya berdasarkan bahan, media, alat, teknik, jenis, simbol, dan nilai estetis karya seni rupa, yaitu karya:  Kolase Kertas
b.   Guru bersama peserta didik bertanya jawab tentang pengalaman yang didapat pada  pembelajaran yang telah dilakukan.
c.       Guru memberi penilaian atas hasil karya yang telah dibuat peserta didik secara mandiri, berupa: Kolase Kertas
d.   Guru memberikan informasi untuk kegiatan pertemuan berikutnya.
             


                 Mengetahui                                                        Ngawi,                  2020
       Kepala SMAN 1 Kedunggalar                                       Guru Seni Budaya
                                     


                                                              
                  ----------------------------------------                            ---------------------------------------

0 komentar:

Posting Komentar