RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(RPP – 1)
Sekolah : SMA
Negeri 1 Kedunggalar
Matapelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas : XI MIA / IIS
Semester : Ganjil
Materi Pokok :
MEMBUAT DESAIN BATIK
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti
pembelajaran, peserta didik dapat:
1. Mengamati konsep,
unsur, prinsip dan bahan
dalam karya seni rupa dua dimensi
melalui media cetak (buku, majalah, brosur, dsb)
2. Mengamati
tentang bahan dan teknik
yang digunakan dalam membuat
karya seni rupa dua dimensi berupa desain batik Jember
3. Menganalisis
konsep, unsur, prinsip dan bahan
dalam membuat karya seni
rupa dua dimensi
berupa desain batik Jember
4. Menganalisis tentang bahan dan teknik yang digunakan dalam membuat karya
seni
rupa dua dimensi berupa
desain batik Jember
5. Mengumpulkan
informasi tentang konsep, unsur, prinsip dan bahan dalam membuat karya
seni
rupa dua dimensi
berupa desain batik Jember
6. Mempresentasikan hasil
pengamatan terhadap konsep, unsur, prinsip, bahan
dan teknik dalam membuat
karya seni rupa dua dimensi berupa desain batik Jember
7. Merencanakan berkreasi dalam membuat
karya seni rupa dua dimensi berupa desain batik Jember
8. Bereksplorasi
dengan berbagai media dan teknik dalam
membuat karya seni
rupa dua dimensi
berupa desain batik Jember
9. Menyampaikan
hasil pengumpulan dan simpulan informasi
yang diperoleh dalam
membuat karya seni
rupa dua dimensi
berupa desain batik Jember
10. Melakukan
seleksi atas pujian dan dukungan,
kelebihan dan kekurangan serta solusi yang di dapat dalam membuat karya seni
rupa dua dimensi
berupa desain batik Jember
B.
MATERI PEMBELAJARAN
Fakta:
Karya seni rupa
2 dimensi hasil memodifikasi
obyek adalah salah satunya
dengan membuat
desain batik Jember
Konsep:
a. Karya
seni 2 dimensi merupakan hasil karya seni yang dapat dilihat dari satu arah
b. Perkembangan
karya seni rupa 2 dimensi berdasarkan Ragam dan Fungsi, Medium (Alat, Bahan dan
Teknik), Simbol dan Nilai Estetisnya
c. Batik Jember yang memiliki beberapa ciri khas tentang motifnya
yang diperoleh dari lingkungan sekitarnya.
d. Fungsi batik Jember
yaitu memiliki: fungsi busana, fungsi hiasan atau
kerajinan rumah tangga (sprei, bantal,
sarung, dll)
e. Simbol-simbol tentang batik Jember
·
Batik
Jember: motif Tembakau
f. Nilai-nilai artistik batik Jember
Nilai keunikan dan artistik batik
Jember
- Warna cenderung terang yaitu unsur putih, ungu, merah
dan biru
- Garis-garis desain tegas
- Banyak menggunakan isen-isen
Prinsip:
-
Mengidentifikasi
langkah-langkah memodifikasi karya seni rupa 2 dimensi yaitu dalam membuat desain batik Jember
-
Menentukan
langkah-langkah proses berkarya seni rupa 2 dimensi dari hasil modifikasi dalam membuat desain batik Jember
Prosedur:
Membuat
laporan tentang batik Jember melalui langkah-langkah sebagai berikut:
a. Mengamati berbagai motif batik Jember
b. Mengindentifikasi fungsi batik Jember
c.
Mengindentifikasi
nilai artistik yang terdapat pada batik Jember
d.
Membuat
desain batik Jember dengan memodifikasi bentuk daun, bunga,
binatang dan manusia sehingga dapat menghasilkan berbagai gambar
yang akhirnya dapat berupa sket dalam
bentuk sket desain batik Jember, mewarnai
dan melakukan penyelesaian
C.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pert.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Guru mengucapkan salam
b.
Berdoa sebelum
mulai pelajaran dipimpin oleh ketua kelas
c.
Guru melakukan
apersepsi dan motivasi sesuai dengan KD
d.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
yang harus dicapai oleh peserta didik (sesuai tujuan pembelajaran di atas)
Kegiatan Inti
TAHAPAN
EKSPLORASI (EXPLORING)
Konsep, unsur,
prinsip dan teknik dalam proses
berkarya seni rupa dua dimensi.
Mengamati
-
Mengamati
berbagai motif batik Jember dari buku atau majalah dan melalui internet
Menyimpulkan:
-
Menyimpulkan
perkembangan batik Jember
Mencari Data dan Berdiskusi
-
Mengumpulkan
informasi tentang batik Jember
-
Menghubungkan
data-data yang diperoleh dengan kegiatan
berdiskusi
TAHAPAN
MERENCANAKAN (PLANNING)
-
Mendiskusikan
tentang batik Jawa Timur yaitu batik
Jember dengan rancangan sket berdasar sket print out dari berbagai motif
batik Jember
TAHAPAN
MENGERJAKAN (DOING)
-
Membuat sket batik Jember di kertas F4
-
Memindahkan
sket ke kertas gambar
TAHAPAN MENGKOMUNIKASIKAN (COMMUNICATING)
-
Menyampaikan
hasil dari membuat sket untuk mendapatkan penilaian awal tentang sket print
out dan sket gambar yang telah dibuat di kertas F4 dan kertas gambar
TAHAPAN MEREFLEKSI (REFLECTING)
-
Menerima
masukan-masukan dan kritikan dari hasil sket yang telah dibuat baik di kertas
F4 dan kertas gambar
-
Melakukan
seleksi atas pujian dan dukungan,
kelebihan dan kekurangan serta solusi yang di dapat sehingga hasil sket menjadi lebih baik
-
Membandingkan
hasil sket yang telah dibuat dengan teman sekelas
-
Melakukan
perbaikan dari hasil pujian dan dukungan, kelebihan dan kekurangan serta
solusi yang di dapat sehingga hasil
sket menjadi lebih baik
Penutup
Merangkum
a. Bersama peserta didik, guru menyimpulkan hasil dari sket yang telah dibuat
b. Guru bersama peserta didik bertanya jawab tentang pengalaman yang didapat pada pembelajaran yang telah dilakukan.
c. Guru memberi penilaian atas hasil sket yang telah
dibuat
d. Guru memberikan informasi untuk kegiatan pertemuan
berikutnya.
|
|
2
|
Pendahuluan
a.
Guru
mengucapkan salam
b.
Berdoa sebelum
mulai pelajaran dipimpin oleh ketua kelas
c.
Guru melakukan apersepsi dan motivasi sesuai dengan KD
d.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
yang harus dicapai oleh peserta didik (sesuai tujuan pembelajaran di atas)
Kegiatan Inti
TAHAPAN
EKSPLORASI (EXPLORING)
Konsep, unsur,
prinsip dan teknik dalam proses
berkarya seni rupa dua dimensi.
Mengamati
-
Mengamati
hasil sket yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya
Menyimpulkan:
-
Menyimpulkan
perkembangan dari hasil perbaikan yang telah dilakukan
Mencari Data dan Berdiskusi
-
Mengumpulkan
informasi tentang hasil perbaikan dari sket yang telah diperbaiki dengan
menunjukkan ke guru dan teman sekelas
TAHAPAN
MERENCANAKAN (PLANNING)
-
Merencanakan
tentang proses pewarnaan dari hasil sket
TAHAPAN
MENGERJAKAN (DOING)
-
Melakukan
proses pewarnaan sesuai dengan alat warna dan warna yang diinginkan
TAHAPAN MENGKOMUNIKASIKAN
(COMMUNICATING)
-
Menyampaikan
hasil pewarnaan pada desain batik Blitar yang telah dikerjakan
TAHAPAN MEREFLEKSI (REFLECTING)
-
Menerima
masukan-masukan dan kritikan dari hasil warna pada desain batik yang telah
dibuatnya
-
Melakukan
seleksi atas pujian dan dukungan,
kelebihan dan kekurangan serta solusi yang di dapat sehingga hasil warna pada desain batik yang
telah dibuatnya menjadi lebih baik
-
Membandingkan hasil warna pada desain batik yang telah
dibuatnya dengan teman sekelas
-
Melakukan
perbaikan dari petunjuk guru dan pendapat teman sekelasnya
Penutup
Merangkum
a.
Bersama
peserta didik, guru menyimpulkan hasil warna pada desain batik yang telah dibuatnya
b.
Guru bersama
peserta didik bertanya jawab tentang
pengalaman yang didapat pada
pembelajaran yang telah dilakukan.
c.
Guru memberi
penilaian atas hasil pewarnaan pada desain batik yang telah dibuat
d.
Guru
memberikan informasi untuk kegiatan pertemuan berikutnya.
|
|
3
|
Pendahuluan
a.
Guru
mengucapkan salam
b.
Berdoa sebelum
mulai pelajaran dipimpin oleh ketua kelas
c.
Guru melakukan
apersepsi dan motivasi sesuai dengan KD
d.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
yang harus dicapai oleh peserta didik (sesuai tujuan pembelajaran di atas)
Kegiatan Inti
TAHAPAN
EKSPLORASI (EXPLORING)
Konsep, unsur,
prinsip dan teknik dalam proses
berkarya seni rupa dua dimensi.
Mengamati
-
Mengamati
hasil warna pada desain batik yang telah dibuatnya pada pertemuan sebelumnya
Menyimpulkan:
-
Menyimpulkan
hasil warna pada desain batik yang telah dibuatnya setelah melakukan
perbaikan
Mencari Data dan Berdiskusi
-
Membandingkan
hasil pewarnaan pada desain batik yang telah dibuatnya dengan teman sekelas
-
Menghubungkan
data-data yang diperoleh dengan kegiatan
berdiskusi dengan teman sekelas
TAHAPAN
MERENCANAKAN (PLANNING)
-
Merencanakan
untuk melakukan proses penyelesaian dengan berbagai alat
TAHAPAN
MENGERJAKAN (DOING)
-
Melakukan
proses penyelesaian dengan memberi kontur pada tepi motif serta menambahkan
isen-isen pada bagian yang masih kosong
TAHAPAN MENGKOMUNIKASIKAN (COMMUNICATING)
-
Menyampaikan
hasil penyelesaian pada desain batik Jember yang telah dikerjakan kepada guru
dan teman sekelas
TAHAPAN MEREFLEKSI (REFLECTING)
-
Menerima
masukan-masukan dan kritikan dari proses penyelesaian dari desain batik
Jember yang telah dibuatnya
-
Melakukan
seleksi atas pujian dan dukungan,
kelebihan dan kekurangan serta solusi yang di dapat sehingga proses penyelesaian dari desain
batik Jember yang telah dibuatnya menjadi lebih baik
-
Melakukan
perbaikan hasil proses penyelesaian
dari desain batik Jember yang telah dibuatnya
Penutup
Merangkum
a. Guru menyimpulkan
hasil dari desain batik Jember yang telah dikerjakan oleh peserta didik
b.
Guru bersama
peserta didik bertanya jawab tentang
pengalaman yang didapat pada
pembelajaran yang telah dilakukan.
c. Guru memberi penilaian atas hasil desain batik Jember
d. Guru memberikan informasi untuk kegiatan pertemuan
berikutnya.
|
Mengetahui Ngawi, 2020
Kepala SMAN Kedunggalar Guru Seni Budaya
------------------------------------- ---------------------------------
Nama : corinthia angie p
BalasHapusNo : 12
Kelas : 11 mipa 1
Materi mudah dipahami